Pengertian UML
UML adalah bahasa untuk mengspesifikasi, memvisualisasi,membangun
dan mendokumentasikan artefacts (bagian dari
informasiyang digunakan atau dihasilkan oleh
proses pembuatan perangkat lunak, seperti pada
pemodelan bisnis dan sistem non perangkat
lunak lainnya.
Pengertian UML Lainnya :
UML (Unified Modeling Language) merupakan pengganti dari metode
analisis berorientasi object dan design berorientasi object (OOA&D)
yang dimunculkansekitar akhir tahun 80-an dan awal tahun 90-an.UML merupakan
gabungan dari metode Booch, Rumbaugh (OMT) dan Jacobson.Tetapi UML ini akan
mencakup lebih luas daripada OOA&D. Pada pertengahan pengembangan UML
dilakukan standarisasi proses dengan OMG (Object Management Group) dengan
harapan UML akan menjadi bahasa standar pemodelan pada
masa yang akan datang.
UML disebut sebagai bahasa pemodelan bukan metode. Kebanyakan
metode terdiri paling sedikit prinsip, bahasa pemodelan dan proses. Bahasa
pemodelan (sebagian besar grafik) merupakan notasi dari metode yang digunakan
untuk mendesain secara cepat.
Bahasa pemodelan merupakan bagian
terpenting dari metode. Ini merupakan bagian kunci tertentu untuk komunikasi.
Jika anda ingin berdiskusi tentang desain dengan seseorang, maka Anda hanya
membutuhkan bahasa pemodelan bukan proses yang digunakan untuk mendapatkan
desain.
UML merupakan bahasa standar untuk penulisan blueprint software
yang digunakan untuk visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian
alat-alat dari sistem perangkat lunak.
Sejarah Singkat UML
UML dimulai secara resmi pada
oktober 1994, ketika Rumbaugh bergabung dengan Booch pada Relational Software
Corporation. Proyek ini memfokuskan pada penyatuan metode Booch dan OMT. UML
versi 0.8 merupakan metode penyatuanyang dirilis pada bulan Oktober 1995. Dalam
waktu yang sama, Jacobson bergabung dengan Relational dan cakupan dari UML
semakin luas sampai diluar perusahaan OOSE. Dokumentasi UML versi 0.9 akhirnya
dirilis pada bulan Juni 1996. Meskipun pada tahun 1996 ini melihat
dan menerima feedback dari komunitas
Software Engineering.
Dalam waktu tersebut, menjadi lebih
jelas bahwa beberapa organisasi perangkat lunak melihat UML sebagai strategi
dari bisnisnya. Kemudian dibangunla hUML Consortium dengan beberapa organisasi
yang akan menyumbangkan sumber dayanya untuk bekerja, mengembangkan, dan
melengkapi UML. Di sini beberapa partner yang berkontribusi pada UML
1.0, diantaranya Digita lEquipment Corporation, Hewlett-Packard, I-Logix,
Intellicorp, IBM, ICON Computing, MCI Systemhouse, Microsoft,
Oracle, Relational, Texas Instruments dan Unisys. Dari kolaborasi ini
dihasilkan UML 1.0 yang merupakan bahasa pemodelan yang ditetapkan secara baik,expressive,
kuat, dan cocok untuk lingkungan masalahyang luas. UML 1.0 ditawarkan menjadi
standarisasi dari Object Management Group (OMG). Dan pada Januari 1997
dijadikan sebagai standar bahasa pemodelan.
Antara Januari–Juli 1997 gabungan
group tersebut memperluas kontribusinya sebagai hasil respon dari OMG dengan
memasukkan Adersen Consulting, Ericsson, Object Time Limeted, Platinum
Technology, Ptech, Reich Technologies, Softeam,Sterling Software dan Taskon.
Revisi dari versi UML (versi 1.1) ditawarkan kepada OMG sebagai standarisasi
pada bulan Juli 1997. Dan pada bulan September 1997,versi ini dierima oleh OMG
Analysis dan Design Task Force (ADTF) dan OMG Architecture Board. Dan Akhirnya
pada Juli 1997 UML versi 1.1 menjadi standarisasi.
Pemeliharaan UML terus dipegang
oleh OMG Revision Task Force (RTF) yang dipimpin oleh Cris Kobryn.
RTP merilis editorial dari UML 1.2 pada Juni 1998. Danpada tahun 1998 RTF juga
merilis UML 1.3 disertai dengan user guidedan memberikan technical cleanup.
Tipe – tipe Diagram UML
1. Use Case Diagram
Menggambarkan sejumlah eksternal
aktor dan hubungannya ke use case yang diberikan oleh sistem.
2. Class Diagram
Menggambarkan struktur dan deskripsi
class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti
containment, pewarisan,asosiasi dan lain-lain.
3. Statechart Diagram
Menggambarkan semua state yang
dimiliki oleh suatu objek dari suatu class dan keadaan yang
menyebabkan state berubah.
4. Sequance Diagram
Menggambarkan kolaborasi
dinamis antara sejumlah objek dan untuk menunjukkan rangkaian
pesan yang dikirim antara objek juga interaksi
antara objek, sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi
sistem.
5. Collaboration Diagram
Menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequence diagram.
Dalam menunjukan pertukaran
pesan, collaboration diagram menggambarkan objek dan hubungannya.
6. Activity Diagram
Menggambarkan rangkaian aliran dari
aktivitas, digunakan untuk mendeskipsikan
aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga
dapat juga digunakan untuk aktifitas lainya seperti UseCase atau interaksi.
7. Component Diagram
Menggambarkan struktur dan hubungan
antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan diantaranya.
Komponen dapat juga berupa interface , yaitu kumpulan
layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lainnya.
8. Deployment Diagram
Menggambarkan arsitektur fisik dari
perangkat keras dan perangkat lunak system, menunjukan hubungan computer
dengan perangkat satu sama lain dan jenis hubungannya.
Tujuan Penggunaan UML
- Memodelkan suatu sistem (bukan hanya perangkat lunak) yang menggunakan konsep berorientasi object.
- Menciptakan suatu bahasa pemodelan yang dapat digunakan baik oleh manusia maupun mesin.
LINK UML
TERKAIT :
- seputera.blogspot.com
- dhidhickrorax.blogspot.com
- martaprandika.blogspot.com
- lilorahardjo.blogspot.com
- guzdharma.blogspot.com
- culesnunique.blogspot.com
- indrabelog.blogspot.com
- froztheo.blogspot.com
- kunjungi-suwecanata.blogspot.com
- aguswiratama50.blogspot.com
- bagussudarsana.blogspot.com
- criticalmandate.blogspot.com
- dwiantari769.blogspot.com
- dewa-hendra.blogspot.com
- donydaryanto.blogspot.com
- goobloggerwi.blogspot.com
- endhywandhana26.blogspot.com
- iwansafwan.blogspot.com
- myownerisyou.blogspot.com
- belajar-uml.blogspot.com
- angung.blogspot.com
- wild-in-the-dark.blogspot.com
- inovasiit.blogspot.com
- kafy-belajaruml.blogspot.com
- raindaime.blogspot.com
- rezaanugerahjrs.blogspot.com
- caesario-nanda.blogspot.com
- dennyshare.blogspot.com
- niakentjiblog.blogspot.com
- wahyuseno.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar